Terlalu Banyak Duduk Akan Meningkatkan Risiko Diabetes

Jumat, 21 Juni 2013

Sofa atau kursi yang lembut memang dapat membuat kita nyaman saat duduk. Namun itu bukan berartikita bisa duduk berlama-lama. Hal ini dikarenakan duduk terlalu lama akan memperbesar peluangseseorang untuk mengalami diabetes tipe 2, sebuah penelitian menunjukkan.
Pasien diabetes biasanya disarankan untuk melakukan olahraga rutin yang cukup setidaknya 150 menitseminggu agar tubuh tetap fit dan terhindar dari obesitas ataupun diabetes. Namun temuan dari duapenelitian menunjukkan bahwa mengurangi waktu duduk hingga 90 menit sehari dapat memberikanmanfaat kesehatan yang penting.

Membatasi lama waktu seseorang untuk duduk baik di rumah maupun kantor bisa menjadi strategiyang efektif dan berguna dalam memerangi epidemi diabetes, ujar Joseph Henson, pemimpin penelitiandari University of Leicester. 
Penelitian ini melibatkan dua penelitian yang terdiri dari 153 orang dewasa.Penelitian pertama melibatkan orang dewasa dengan usia rata-rata 33 tahun, sementara penelitian yangsatunya melibatkan orang dewasa yang lebih tua dengan usia rata-rata usia 65 tahun. Pada setiappenelitiannya, para peneliti membandingkan waktu yang dihabiskan untuk duduk, serta jumlah waktuyang digunakan untuk berolahraga.
Para peneliti menemukan bahwa
waktu yang dihabiskan untuk duduk terlalu lama secara signifikan terkait dengan
tingginya gula darah, kadar kolesterol, dan faktor risiko lainnya yang
menyebabkan penyakit jantung dan diabetes. Namun demikian, temuan ini belum
bisa membuktikan adanya hubungan sebab-akibat antara duduk dan diabetes.
Walaupun begitu, Henson berharap para dokter dapat memberitahu kepada pasiennya
tentang temuan ini.

“Selama ini, program pencegahan penyakit diabetes dan kardiovaskular hanya berkonsentrasi padaolahraga, di mana hal tersebut memang penting dan mendasar bagi kesehatan kardiometabolik”, kata Henson. “Menasehati orang untuk
rutin berolahraga memang membantu, namun akan lebih efektif lagi jika mereka
lebih didorong untuk mengurangi duduk dan bergerak lebih banyak”, tambah dia.

*dikutip dari berbagai sumber

Sorce: http://www.rumahsunatan.com/i

 
CMB MEDIA © 2011 | Designed by Chica Blogger | Modified By: Iky Febri | Powered by: CMB NIAGA Facebook Groups